Rabu, 06 Juli 2011

RISC dan CISC

  RISC dan CISC merupakan penemuan yang sangat penting dalam Arsitektur Komputer. Berikut akan dibahas tentang RISC dan CISC



1. Definisi RISC (Reduced Instruction Set Computer)


RISC, yang jika diterjemahkan berarti “Komputasi Kumpulan Instruksi yang Disederhanakan”, merupakan sebuah arsitektur komputer atau arsitektur komputasi modern dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor. Selain digunakan dalam komputer vektor, desain ini juga diimplementasikan pada prosesor komputer lain, seperti pada beberapa mikroprosesor Intel 960, Itanium (IA64) dari Intel Corporation, Alpha AXP dari DEC, R4x00 dari MIPS Corporation, PowerPC dan Arsitektur POWER dari International Business Machine. Selain itu, RISC juga umum dipakai pada Advanced RISC Machine (ARM) dan StrongARM (termasuk di antaranya adalah Intel XScale), SPARC dan UltraSPARC dari Sun Microsystems, serta PA-RISC dari Hewlett-Packard.
Prosesor RISC hanya menggunakan instruksi-instruksi sederhana yang bisa dieksekusi dalam satu siklus. Dengan demikian, instruksi ‘MULT’ sebagaimana dijelaskan sebelumnya dibagi menjadi tiga instruksi yang berbeda, yaitu “LOAD”, yang digunakan untuk memindahkan data dari memori ke dalam register, “PROD”, yang digunakan untuk melakukan operasi produk (perkalian) dua operan yang berada di dalam register (bukan yang ada di memori) dan “STORE”, yang digunakan untuk memindahkan data dari register kembali ke memori. Berikut ini adalah urutan instruksi yang harus dieksekusi agar yang terjadi sama dengan instruksi “MULT” pada prosesor RISC (dalam 4 baris bahasa mesin):

  • LOAD A, 2:3 
  • LOAD B, 5:2
  • PROD A, B
  • STORE 2:3, A
Semakin banyak baris instruksi, semakin banyak lokasi RAM yang dibutuhkan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut. Kompailer juga harus melakukan konversi dari bahasa tingkat tinggi ke bentuk kode instruksi 4 baris tersebut.

2. Definisi CISC (Complex Instruction-Set Ccomputing)

CISC adalah singkatan dari Complex Intruction Set Computer yang merupakan sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi.
Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu perintah cukup dengan beberapa baris bahasa mesin sedikit . Hal ini bisa tercapai dengan cara membuat perangkat keras prosesor mampu memahami dan menjalankan beberapa rangkaian operasi. Misalnya sebuah prosesor CISC sudah dilengkapi dengan sebuah instruksi khusus, yang kita beri nama MULT. Saat dijalankan, instruksi akan membaca dua nilai dan menyimpannya ke 2 register yag berbeda, melakukan perkalian operan di unit eksekusi dan kemudian mengambalikan lagi hasilnya ke register yang benar. Jadi instruksi-nya cukup satu saja

3. Perbedaan RISC dan CISC

   a. RISC 
  • Penekanan pada perangkat kerasa
  • Termasuk Instruksi Komplek Multi-Clok
  • Memori ke memoro Load dan Store Saling Bekerja sama
  • Ukuran kode kecil, kecepatan rendah
  • Transistor digunakan untuk insntruksi Komplek
  b. CISC
     
  • Penekanan pada perangkat Lunak
  • Singel-Clok, Hanya sejumlah Instruksi Kecil
  • Memori ke memoro Load dan Store adalah instruksi yang terpisah
  • Ukuran kode besar, kecepatan besar
  • Transistor banyak dipakai untuk register memori 


Pembahasan Tentang Komponen Jaringan akan dibahas pada Posting Selanjutnya

===============================================================
Referensi
Anonim. 2011. RISC.  http://id.wikipedia.org/wiki/RISC (diakses Selasa, 5 Juli 2011 pukul 22.00 WIB)
----------. 2011. CISC. http://id.wikipedia.org/wiki/CISC (diakses Selasa, 5 Juli 2011 pukul 21.58 WIB)
Agfianto Eko Putra. 2008. RISC VS CISC. http://agfi.staff.ugm.ac.id/blog/index.php/2008/12 /risc-vs-cisc/ (diakses  6 Juli 2011)
Dermawan.2010. Perbedaan Antara RISC dan CISC. http://derwan.wordpress.com/2010/02/25/perbedaan-antara-risc-dan-cisc/


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar