Rabu, 06 Juli 2011

Pengenalan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

1. Pengertian Jaringan Komputer Kan Komunikasi Data


     a. Pengertian Jaringan Komputer


  •  Jaringan Jaringan berasal dari kata Jaring. Secara umum dapat kita artikan Jaringan adalah hubungan antara satu titik ketitik lainnya. 






  •  Komputer berasal dari bahasa Latin yang artinya menghitung.Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.


    1. Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
    2. Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi
    3. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. 


    => Dapat Kita Simpulkan bahwa Komputer adalah Suatu alat Elektronik atau seperangkat alat elektronik yang bisa menerima Input, melakukan Proses dan menghasilakan Output.


    Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. 
  • Jaringan Komputer adalah  sekumpulan perangkat yang dapat   digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronis dan pesan- pesan, saling terkait satu dengan  lainnya di mana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan,menggali dan saling berbagi-pakai terhadap informasi yang tersedia.


  b. Pengertian Komunikasi Data


  •  Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang, kelompok, organisasi dan masyarakat menggunakan informasi agar dapat terhubung dengan lingkungan maupun seseorang..
  • Data berasal dari kata Latin yang berarti sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi


  •  Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Dasar dari Komunikasi data pada komputer adalah bilangan biner.


2. Tujuan Jaringan Komputer
  • Membagi sumber daya (resource), contohnya berbagi pemakaian memori , harddisk, CPU, Printer dan sebagainnya
  • Komunikasi: contohnya e-mail, instant messaging,chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
  • Menggabungjan Sumber daya (resource) yang ada 


3. Komponen Utama Dari Jaringan Komputer
      a. Komputer
           Sangat di dibutuhkan dalam Membangun Jaringan.
      b. NIC (Network Interface Card)
           Kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 
      c. Media Transmisi
          Media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, unutk melintaskan isyarat. Media ini dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu media berkabel (wired) dan media tak berkabel (wireless).


      d. Network Device
          Yang termasuk di dalam network device ini adalah alat-alat yang berperan di dalam jaringan. Contohnya: access point, router, switch, hub, dll.
      e. NOS (Network Operating System)
          Untuk membangun sebuah jaringan, maka dibutuhkan sebuah PC yang telah diinstal sistem operasi jaringan di dalamnya, misalnya Windows 2000, Windows NT, Novell Netware, Linux, dll.




KOMPUTER
 a. Pengertian Komputer
     Komputer berasal dari bahasa Latin yang artinya menghitung.Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 


 b. Penggolongan Komputer  
    Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. 


 Berdasarkan Data Yang Diolah
  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid
 Berdasarkan Penggunannya
  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
 Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)
 c. Arsitektur Komputer
   Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem Komputer.  Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, Ram, Rom, Harddisk, dll)


Secara Garis besar berdasarkan jenis Instruksinya Arsitektur Komputer dibedakan Atas 2 macam yaitu:


1. Reduced Instruction Set Computing (RISC)
     Komputasi set instruksi yang disederhanakan" pertama kali digagas oleh John Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada tahun 1974 saat ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor ternyata menangani sekitar 80% dari keseluruhan kerjanya. Komputer pertama yang menggunakan konsep RISC ini adalah IBM PC/XT pada era 1980-an. Istilah RISC sendiri pertama kali dipopulerkan oleh David Patterson, pengajar pada University of California di Berkely.
    
    Konsep RISC menyederhanakan rumusan perintah sehingga lebih efisien dalam penyusunan kompiler yang pada akhirnya dapat memaksimumkan kinerja program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi. Arsitektur RISC banyak menerapkan proses eksekusi pipeline. Meskipun jumlah perintah tunggal yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang diberikan mungkin lebih besar, eksekusi secara pipeline memerlukan waktu yang lebih singkat daripada waktu untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan menggunakan perintah yang lebih rumit. Mesin RISC memerlukan memori yang lebih besar untuk mengakomodasi program yang lebih besar. IBM 801 adalah prosesor komersial pertama yang menggunakan pendekatan RISC.
Ciri-ciri RISC :
• Instruksi berukuran tunggal Ukuran yang umum adalah 4 byte
• Jumlah mode pengalamatan data yang sedikit, biasanya kurang dari lima buah
• Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
• Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
(misalnya, penambahan dari memori, penambahan ke memori)

2. Complex instruction-set computing (CISC)
    Sebelum proses RISC didesain untuk pertama kalinya, banyak arsitek komputer mencoba menjembatani celah semantik", yaitu bagaimana cara untuk membuat set-set instruksi untuk mempermudah pemrograman level tinggi dengan menyediakan instruksi "level tinggi" seperti pemanggilan procedure, proses pengulangan dan mode-mode pengalamatan kompleks sehingga struktur data dan akses array dapat dikombinasikan dengan sebuah instruksi. Karakteristik CISC yg "sarat informasi" ini memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat.
   CISC dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan
pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit). Konsep CISC menjadikan
mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan, tetapi konsep ini menyulitkan dalam
penyusunan compiler bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dalam CISC banyak terdapat perintah
bahasa mesin.
   

Jenis-jenis Arsitektur Komputer

Komputer SISD


Kemampuan mesin sekuensial dalam menjalankan eksekusi program, setiap operasi aritmatika ataupun logika dilakukan dalam satu unit kalkulasi. Hal ini disebabkan dalam setiap instruksi, mesin hanya mampu membaca data dalam sekali kerja. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan mesin ini pada bidang aplikasi sangat terbatas, sebab kemampuan dari prosesornya terbatas. Contoh dari kelompok ini adalah jenis personal komputer (PC) dan mini komputer.


Komputer SIMD
Arsitektur mesin komputer SIMD (Single Instruction Multiple Data) dari jenis komputer paralel. Dari skema dapat dicirikan bahwa tipe ini terdapat N prosesor yang masing-masing prosesor dihubungkan dengan memori lokal sehingga data dan program dapat disimpan. Selain itu semua prosesor dikendalikan oleh satu unit kontrol (Knob, 1990). Kemampuan pokok yang dimiliki oleh mesin ini menunjukkan bahwa pada saat yang sama, setiap prosesor mampu mengeksekusi instruksi-instruksi yang sama dari data yang berbeda. Mesin yang dapat dimasukkan dalam tipe ini antara lain ILLIAC IV, STAR-100, DRAY-1, STARAN IV dan ILC (memiliki 4096 prosesor).


Komputer MISD


Jenis yang ketiga adalah komputer paralel MISD (Multiple Instruction Single Data). Kemampuan yang dimiliki
untuk mengeksekusi program menunjukkan bahwa pada setiap saat, satu data dari memori dioperasikan oleh setiap prosesor menurut instruksi-instruksi dari setiap unit kontrol. Jadi secara paralel, satu data yang sama dapat diproses oleh prosesor-prosesor yang berlainan. Secara struktural, mesin ini nampak ekivalen dengan mesin SISD. Hanya karena memiliki prosesor bebas lebih dari satu, maka mesin ini dapat dikatakan sebagai mesin multi-prosesor yang kemampuannya relatif masih terbatas untuk digunakan di bidangbidang aplikasi.


Komputer MIMD


Model komputer MIMD (Multiple Instruction Multiple Data) merupakan jenis komputer paralel yang disajikan pada gambar 1.d. Mesin ini memiliki N prosesor bebas dan masing-masing prosesor mempunyai satu unit kontrol, sehingga mesin ini dapat kita sebut sebagai mesin multikomputer. Ciri lain yang ada pada mesin tersebut adalah prosesor-prosesornya saling bekerja sama dalam unit Input-Output dan memori utama sehingga mesin ini dapat dikategorikan sebagai mesin multiprosesor. Kemampuan mesin MIMD menunjukkan bahwa pada setiat saat, secara serentak prosesor-prosesor dapat menjalankan instruksi-instruksi yang berlainan secara paralel. Dari model susunan prosesornya, dapat disimpulkan bahwa komputer semacam ini dapat dimanfaatkan untuk aplikasi khusus guna memecahkan masalah yang membutuhkan operasi-operasi resolusi tinggi dan sangat kompleks.

d. Struktur Komputer
   Struktur adalah cara komponen-komponen saling memiliki keterkaitan satu dengan lainnya yang dibuat dengan sedemikian rupa.
 
Empat Struktur utama komputer :

1. CPU : Tugasnya mengotrol operasi computer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan data. CPU sering diidentikan dengan Processor namun CPU sendiri adalah satu bagian kecil dari fungsi utama.

2. Memory Utama : Tugasnya untuk menyimpan data.

3. I/O Device : Tugasnya untuk memindahkan data antara komputer dengan lingkungannya.

4. Sistem Interkoneksi : beberapa mekanisme komunikasi antara CPU, Momory Utama dan I/O. Penghubung komponen dengan komponen lain dinamakan (BUS). Secara fisik dinamakan perkawinan perkabelan dalam antara Slot Jantan/Pin dan Slot Betina/Fort.

Pembahasan Tentang Komponen Jaringan akan dibahas pada Posting Selanjutnya

==========================================================
Referensi
        D’SpecialOne. 2011. Jaringan Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer (diakses 6 Juli2011)
       Noname. 2011. Data. http://id.wikipedia.org/wiki/Data (diakses 6 Juli 2011)
        -----------. 2011. Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer (diakses 6 Juli 2011)
        Rowi Yanto. 2010. Jaringan Komputer. http://rowiyanto.blogspot.com/2010/07/jaringan-komputer.html (diakses 6 Juli 2011)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar